Kamis, 16 Juni 2016

Uniknya Daerahku, Lamongan


PicsArt_1465968616676

Lamongan merupakan salah satu kabupaten yang berada di Propinsi Jawa Timur, Indonesia. Terdapat beberapa budaya, makanan, bahkan ciri khas dari daerah Lamongan itu sendiri. Pertama, Lamongan memiliki beragam bentuk budaya di bidang seni tari, antara lain Tari Boran, Tari Mayang Madu, Tari Turonggo Solah, Tari Caping Ngancak, Tari Silir-Silir dan Tari Sinau. 
Salah satu contoh tarian yangsaya deskripsikan adalah Tari Boran. Tarian ini menggambarkan perjuangan hidup para penjual nasi boran yang ada di Kabupaten Lamongan tentang semangat, kesabaran, kegairahan, serta ketangguhan mereka dalam menjajakan dagangan tanpa kenal lelah letih, dari pagi sampai malam hari
Kabupaten Lamongan memiliki makanan khas, antara lain Soto Lamongan, Tahu Campur, Nasi Boranan (nasi, sambal khas Lamongan, serta lauk seperti bandeng, ikan sili, ayam, tahu, telur asin,entu-entu), dan Wingko yang biasanya dibuat oleh-oleh.
Selain budaya dan makanan, Kabupaten Lamongan memiliki ciri khas yaitu terdapat berbagai wisata dan kepercayaan warga sekitar lho teman-teman… terdapat wisata alam, seperti Waduk Gondang, Goa Maharani, WBL (Wisata Bahari Lamongan), Gunung Kapur (Gunung Pegat), dan Pemandian air panas Brumbun. Wisata sejarah antara lain Museum Sunan Drajad dan Monumen Van Der Wijck. Wisata Religi meliputi Makam Sunan Drajad, Makam Sendang Duwur, dan Makam Dewi Sekardadu (Ibu Sunan Giri).
Ciri khas lain yang dimiliki adalah kepercayaan masyarakat Lamongan terhadap Ikan Lele. Konon katanya, barang siapa yang memakan ikan lele, kulit nya akan bewarna belang putih atau mempunyai kumis seperti lele. Warga Lamongan percaya bahwa ikan lele dulunya sangat berjasa sehingga harus dihormati. Tetapi tidak semuanya siihh  :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar